Satpol PP, Kodim 0612 Tasikmalaya dan Muspika Bersinergi Kuatkan Linmas

Written by Super User Tuesday, 13 December 2022 19:32

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Linmas yang berlangsung di masing-masing kecamatan/koramil di Kabupaten Tasikmalaya.(dok.Linmas)*

 

SINGAPARNA -  Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tasikmalaya, Kodim 0612 Tasikmalaya dan juga Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) membangun sinergi untuk menguatkan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas).

 

Sepekan menjelang puncak kegiatan Peningkatan Kapasitas Linmas yang digelar di Lapangan Setda Kabupaten Tasikmalaya, Senin 19 Desember 2022, Satpol PP Kab.Tasikmalaya, Kodim 0612/Tasikmalaya dan Muspika terlebih dahulu menggelar  kegiatan di masing-masing koramil/kecamatan sejak Selasa, 13 Desember 2022 hingga 15 Desember 2022.

 

Kegiatan penguatan kapasitas Linmas  yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan/koramil tersebut melibatkan Muspika kecamatan di masing-masing wilayah.

 

Komandan Kodim 0612/Tasikmalaya selaku Komandan Latihan, Letkol Inf Raden Henra Sukmadjibrata menuturkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergitas yang luar biasa baik dari Kodim 0612/Tasikmalaya dan juga Muspika.

 

“Kegiatan ini adalah upaya yang luar biasa dari Muspika didukung kades yang solid untuk mendukung Pemkab Tasikmalaya membentuk linmas yang tangguh sesuai peraturan perundang-undangan,” tutur Dandim, Selasa 13 Desember 2022.

 

Adapun materi yang diberikan sesuai dengan Permendagri Nomor 26 tahun 2020 yakni latihan baris berbaris, simulasi penanggulangan bencana alam, peran linmas dalam rangka pengamanan Pemilu/Pilkades, serta ketentraman dan ketertiban.

 

“Diharapkan kegiatan ini dipilih dari Linmas-linmas yang masih muda,” ucap Dandim.

 

Sementara itu, Danramil 1205 Rajapolah Kapten Czi Rohadi mengatakan, pelatihan Linmas di wilayah Koramil 1205/Rajapolah berjalan aman, tertib, dan terkendali. Menurut Rohadi, seluruh Muspika di wilayah Kecamatan Rajapolah dan Kecamatan Jamanis hadir dalam pelatihan tersebut.

 

“Sesuai dengan instruksi atau perintah dari pimpinan Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf. Hendra Sukmadjidibrata, S.I.P., kerjasama dengan Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, untuk melaksanakan latihan Linmas ditingkat kecamatan,”ujar Kapten Czi Rohadi.

 

Adapun tujuan dari pelatihan Linmas, lanjut Kapten Czi Rohadi dan para Danramil sewilayah Tasikmalaya yakni untuk meningkatkan keterampilan Linmas dalam menjaga ketentraman perlindungan masyarakat dan ketertiban, serta untuk mendukung pengamanan baik tingkat TNI maupun Polri, juga mencegah dari terjadinya ketidaktertiban di wilayah.

 

Begitu pula para camat dan para kades juga mengapresiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan kedepannya, pemerintah dalam hal ini Bupati betul-betul memperhatikan Linmas yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

 

Kepala Bidang Peningkatan Sumber Daya Aparatur dan Linmas, Rahmat Zenal Mutakin, S.Pd mengatakan, kegiatan  latihan Linmas di kecamatan merupakan kegiatan pra sebelum acara puncak di Lapangan Setda Kabupaten Tasikmalaya.

 

Kegiatan pelatihan Linmas di tingkat kecamatan, lanjut Rahmat diharapkan dapat meningkatkan soliditas antar Muspika se-Kabupaten Tasikmalaya.

 

Harapan Bupati, Linmas harus betul-betul menjadi jati diri Linmas yang sebenarnya, dan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan yang ada. Bahkan Bupati, tutur Rahmat, menginginkan agar yang mengikuti kegiatan ini adalah Linmas yang berumur 50 tahun ke bawah.

 

“Mudah-mudahan soliditas Muspika kecamatan untuk meningkatkan kapasitas Linmas dalam rangka penanggulangan bencana, pengamanan Pemilu, dan keamanan dan ketertiban wilayah, ” ucap Rahmat.

 

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tasikmalaya Dadang Tabroni,SH.,MH mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi para camat dan juga Danramil, Kapolsek dan jajarannya yang sudah melatih Linmas dengan sangat luar biasa.

 

“Terima kasih telah bersinergi, untuk para camat, Danramil, Kapolsek, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, semuanya luar biasa,” kata Dadang.(Humas Satpol PP Kab.Tasikmalaya)***

 

DOKUMENTASI :